Pages - Menu

10 March 2015

Ilmu Mesin Jahit Untuk Pemula

Beberapa hari melakukan riset di internet, berikut saya sharing sedikit ilmu yang saya dapat tentang mesin jahit... Silahkan simak :)

Mesin Jahit Untuk Pemula. Ya, inilah keyword yang saya ketikkan pada mesin Google beberapa hari yang lalu. Saat itu saya sedang mencari-cari mesin jahit yang tidak ribet dan mudah dioperasikan oleh pemula yang sama sekali belum pernah menyentuh mesin jahit sama sekali. Selain mudah dioperasikan, saya menetapkan beberapa standar lagi. Bahwa mesin jahit itu haruslah:
- bandel nggak gampang rusak

- memiliki fitur yang komplit
- kemudahan sparepart jika terjadi kerusakan

- kalau bisa paling murah harganya.

Tidak mudah memang menemukan pilihan dengan kriteria tersebut. Maunya yang paling bagus, tapi yang paling murah harganya. Hehehe... Jargon makin mahal harga, makin hebat kemampuannya, berlaku pada mesin jahit. Oh,tidak... ini membuat pilihan semakin sulit! Halah! 

Belilah sesuai dengan kebutuhan! Ini nampaknya kalimat yang sangat bijak. Dari sekaian banyak merek mesin jahit, semua menawarkan fitur dan kemampuan yang berbeda-beda. Kalau tidak mau bingung memilih yang mana, maka satu-satunya jalan, kembalikan kepda diri sendiri. Kita harus mengetahui dulu kebutuhan kita. Apa sebenarnya yang menjadi tujuan kita membeli mesin jahit? Menjahit untuk sekedar memperbaiki baju-baju yang sobek? Atau iseng mengisis waktu luang? Atau memang untuk produksi barang jahitan yang hasilnya akan dijual nantinya.

Kita juga perlu mengetahui, apa yang akan kita jahit nantinya? Terutama jika kita berencana untuk membuka usaha berkaitan dengan jahitan. Bahan apakah yang akan dijahit? Baju dengan kain umum seperti katun, satin dan kaos, seprai, horden, celana berbahan denim / jeans, kanvas, terpal, plastik atau mungkin juga bahan kulit? Perbedaan karakter dan ketebalan dari bahan-bahan tersebut memerlukan mesin jahit yang berbeda-beda pula. Jadi tetapkan apa yang ingin Anda jahit untuk mengetahui jenis mesin jahit apa yang akan Anda pilih. Pastikan mesin jahit yang akan dibeli bisa menjahit bahan-bahan yang akan Anda jahit. 

Sekali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan. Mesin jahit sekarang sudah semakin canggih, beberapa bahkan sudah computerized. Jika bujet terbatas, janganlah memaksakan membeli mesin dengan fitur-fitur canggih kalau ternyata jahitan yang akan Anda kerjakan hanya jahitan-jahitan sederhana saja. Tidak akan terpakai. Percayalah! :D Karena itu, ada baiknya juga kita mengenal bagian-bagian khususnya fitur-fitur mesin jahit sebelum kita membelinya. Biar kita tahu, apakah diperlukan atau tidak.


Gambar milik http://sewingschool.org/


Fitur-fitur pada senbuah mesin jahit:

- Menjahit lurus dan zig-zag
- Semi obras / neci
- Pengaturan jarak antar jahitan
- Pasang benang otomatis
- Pasang dan lubang kancing
- Lampu
- Bordir atau motif dekorasi,
- dll.

Tidak semua mesin jahit memiliki fitur di atas. Kalau hanya untuk menjahit biasa saja, tidak perlulah kita membeli mesin dengan fitur jahit dekoratif yang terlalu banyak. Atau kalau kita agak ada masalah dengan mata, pastikan mesin jahit yang dibeli sudah ada fitur pemasang benang otomatisnya.

Motif dekoratif dari mesin jahit Janome MC9500
Gambar milik: http://www.sewingmachinesplus.com/

Sekarang kita belajar tentang jenis mesin jahit. Mesin jahit dibagi ke dalam 2 kelas, yaitu kelas rumah tangga dan kelas industri

Mesin Jahit Rumah Tangga

Mesin jahit rumah tangga adalah mesin jahit yang umumnya digunakan untuk keperluan menjahit rumah tangga, membuat kerajinan dan tidak digunakan untuk menjahit skala besar dalam jumlah yang banyak. Sebagian besar mesin jahit rumah tangga berbentuk portable dengan tenaga listrik, ada juga dengan tenaga manual dengan engkol kaki, namun sekarang umumnya sudah dilengkapi dinamo listrik sehingga tidak digerakkan secara manual lagi. Mesin jahit ini sangat sederhana dan hanya bisa digunakan untuk jahitan lurus saja.



Mesin Jahit Rumah Tangga Manual
Mesin Jahit Rumah Tangga Listrik Portabel

Mesin jahit rumah tangga biasa juga disebut mesin jahit kecil. Ada juga penjual yang mengklasifikasikan mesin jahit menjadi level 1, 2, 3 dan seterusnya. Level 1 untuk pemula, intermediate dan advance. Fitur pada mesin jahit level 1 memiliki fitur standar karena dikhususkan untuk entry level. Harganya juga paling murah. Makin tinggi levelnya, semakin kaya fitur dan harganya semakin mahal tentunya.

Berikut merek-merek mesin jahit hasil internet research yang cukup populer di pasaran. 

- Janome
- Juki
- Brother
- Butterfly
- Elna
- Singer
- Messina
- Yamata



Mesin Jahit Industri

Kalau mesin jahit rumah tangga disebut mesin jahit kecil maka bahasa pasar untuk mesin jahit industri adalah mesin jahit besar.


Mesin Jahit Industri
Gambar milik: http://www.yonns.com/


Mesin jahit industri adalah mesin jahit standar yang digunakan dalam industri garment atau konveksi. 
Mesin jahit jenis industri hanya bisa menjahit lurus saja, tapi kelebihannya ada pada pada speed jahitannya. Mesin ini menggunakan dinamo besar ukuran 250 watt yang bisa dipacu sampai 4 ribuan putaran per menitnya.

Berbeda dengan mesin jahit rumah tangga portabel. Jika sebuah mesin jahit portabel bisa memiliki fitur macam-macam, maka mesin jahit industri hanya bisa untuk keperluan menjahit lurus saja. Untuk menjahit zigzag, diperlukan mesin jahit khusus zigzag, untuk obras perlu mesin obras tersendiri, begitu juga untuk pasang kancing diperlukan mesin jahit khusus pasang kancing sendiri dan sebagainya. Jadi untuk menjahit celana misalnya, dibutuhkan mesin yang bermacam-macam, sedangkan mesin jahit rumah tangga dirancang all in one sudah dapat digunakan untuk menjahit lengkap.

Hasil riset dan pembelajaran :)

Setelah browsing sana browsing sini, dengan bekal sedikit ilmu dari riset internet, tiba waktunya terjun langsung ke pasar untuk mencari tahu kondisi lapangan. Niat dari rumah, maunya beli merek Janome atau Juki seken (second hand) yang murah karena untuk keperluan belajar dulu, hanya perlu konfirmasi pasar saja. Juki atau Janome! Satu per satu toko mesin jahit didatangi tanya ini-itu macam-macam. 

Kebetulan saya tinggal dekat dengan daerah Cipadu, Tangerang Selatan. Di daerah ini memang banyak usaha konveksi kecil-kecilan jadi nggak sulit mencari toko mesin jahit di daerah ini. Sayangnya kebanyakan dari mereka hanya menjual mesin jahit besar saja. Beberapa toko sanggup menyediakan mesin portable tetapi mereka tidak stok di toko. Jadi kalau mau beli, kita sudah harus tau mau beli merek dan seri apa, nanti mereka yang akan usahakan carikan barangnya.

Wah susah juga ya. Untuk mesin jahit, saya pikir nggak bisa deh beli kalo nggak liat langsung barangnya dulu. Meskipun sudah lihat foto barangnya di internet, tetap saja perlu menyaksikan dengan mata kepala sendiri. Hehehe..

Walau semua toko banyak yang menjual mesin jahit seken, tapi anehnya hanya satu-dua yang menjual mesin jahit portable seken. Ternyata pengakuan para penjual adalah: "Agak susah jualnya pak. Lagian kelemahan mesin jahit portable itu kalau sekali rusak agak susah benerinnya. Karena spare partnya juga susah carinya. Bapak beli mesin besar aja, harganya nggak jauh! Kalo rusak gampang benerinnya, spare part gak perlu khawatir!! Saya aja nggak berani beli seken kalau bukan Janome. Kalo merek lain, kita susah jualnya lagi"

Galau mode: ON. Niatnya mau beli portable tapi pasar mengarahkan untuk beli mesin besar.

Sehari-dua hari berpikir, akhirnya saya memutuskan membeli mesin besar. Wah perlu riset lagi nih. Karena hasil riset internet yang sudah-sudah merek Janome dan Juki lah yang terbaik di kelas mesin kecil.

Akhirnya saya putuskan membeli merek TYPICAL. Untuk kelas mesin jahit besar ada beberapa merek populer: Juki dan Brother yang merupakan brand Jepang dan Typical brand dan buatan China. Untuk harga seken, buatan China lebih murah sekitar 100 ribuan dibanding merek Jepang. Tetapi penjual mengaku kualitasnya sama, hanya brand minded orang aja yang bikin brand Jepang lebih mahal. Lagian mesin merek Juki dan Brother yang keluaran sekarang sudah dibuat di China, jadi sama aja. Untuk brand China, Typical ada di peringkat teratas. Setelah itu ada merek Jack dan Yamata.


My First Gear: Typical GC 6-28-1

Meskipun bekas, tapi kondisinya masih sangat bagus. Baik dipakai jahit untuk bahan tipis maupun tebal seperti bahan denim atau jeans. Saya tebus seharga 1,7 juta dengan papan, kaki meja dan dinamo baru. Jadi cuma mesinnya saja yg seken. Oya saya minta digantikan dengan "poli" yang kecil. Poli adalah bagian dari dinamo yang bisa mempengaruhi kecepatan jahitan. Dengan poli kecil, putaran dinamo tidak terlalu cepat. Maklum karena baru belajar, nggak boleh langsung ngebut... Hehehe..!

Oya,.. bukan di Indonesia namanya kalau 'pedagang' nggak pake tipu-tipu. Di pasaran biasa ada istilah "timbul" dalam jual beli mesin jahit seken. Jadi mesin Typical (keluaran terakhir) seken yang banyak dicari orang adalah mesin yang tulisan merek pada bodynya tercetak emboss, bukan hanya tertulis dari plat alumunium. Kalau tertulis di plat alumunium, keaslian barang agak diragukan. Bisa saja itu sebenarnya mesin jahit grade B atau C, tetapi dipalsukan dengan memasang plat Typical yang memiliki grade A demi mendongkrak harga. Harga mesin Typical timbul dan plat juga berbeda sampai selisih 100-200 ribuan.

Nah, sekian dulu bagi-bagi ilmunya. Semoga bermanfaat. Selamat mencari mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan! Jangan lupa pastikan semua fitur ada dan berfungsi sesuai yang Anda butuhkan. Mintalah uji tes jahit mesin kepada penjual. Bagaimana keraphinan hasil jahitan pada bahan kain tipis atau tebal. Bagaimana ketersediaan suku cadang dan garansinya.

Ingat, bagus tidaknya hasil jahitan bukan saja karena kecanggihan mesin yang dipakai, tapi juga keahlian dan keterampilan penjahitnya :)


Salam jahit!!

85 comments:

  1. Makasih mas, saya kira typical buatan korea loo

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kakak sudah bagi" informasi. Semoga kakak bisa cepet mahir ya jahitnya ☺

    ReplyDelete
  3. Pak, kalau mesin jahit yang Bapak beli merk Tropikal ini, bisa apa saja? bisa obras, pasang kancing dll kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya koreksi sedikit. Mereknya bukan Tropikal, tapi Typical, Pak.

      Kalau mesin jahit besar seperti Typical ini tiap mesin punya satu fungsi masing-masing. Untuk jahit, obras dan pasang kancing mesinnya khusus sendiri-sendiri. Berbeda dengan mesin jahit portabel yang selain untuk jahit, umumnya juga bisa untuk obras dan pasang kancing.

      Semoga Bapak sudah jelas dengan keterangan yang saya berikan.

      Delete
  4. Terima kasih infonya,
    Kalu mencari mesin jahit besar seken merek juki atau janome yang bagus dimana ya? Bagaimana tips memilih yg kondisinya bagus?

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya,
    Kalu mencari mesin jahit besar seken merek juki atau janome yang bagus dimana ya? Bagaimana tips memilih yg kondisinya bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Nita, yang saya tahu di daerah Cipadu Mbak.. itu sepanjang Jalan KH Wahid Hasyim, ada banyak sekali toko mesin jahit seken. Tapi kalau mesin jahit besar yang populer di Jakarta yang merek Jepang adalah Juki dan Brother. Merek Janome kebanyakan mesin jahit portable.

      Selain di Cipadu bisa coba tanya di toko mesin jahit yang ada di jejeran ITC Cipulir ada 2 toko kalo nggak salah sebrang-sebrangan.

      Tips memilih kondisi yg baik tentu dengan mencoba hasil jahitannya dan juga dinamonya. Kalau tidak terlalu paham,sebaiknya ajak orang yang lebih mengerti mesin jahit biar nggak salah pilih..

      Delete
  6. Thanks infonya pak... Sy juga sedang huntingbmesin jahit nih. Krn msh pemula bgt jd bingung mau yg manual atau yg listrik... Mnrt pengalaman bapak baiknya buat pemula pakai yg apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang manual sudah jadi barang antik Pak... hehehe... manual atau listrik soal tenaga penggeraknya saja Pak. Kalo manual digenjot pake kaki, kalo listrik pake dinamo. Rata-rata yang saya temukan di toko mesin jahot bekas juga umumnya mesin jahot manual sudah dimodifikasi dengan tambahan dinamo Pak. Jadi kalo bapak ada pertimbangan soal pemakaian listrik, ya yang manual saja. Kalau tidak, tentunya mesin jahit listrik produktivitasnya akan lebih bagus.

      Semoga usulan saya bisa Bapak terima.
      Slam & terima kasih.

      Delete
  7. Thx sharing nya Kang Deden. Kbetulan saya lagi hunting2 Typical juga ni kang, kmaren (6 bln lalu) beli portable singer buat usaha tas handmade istri, skrg udah kayak mesin tua jalannya. hehe.. survey2 dan tanya2 ke beberapa toko (sy di Bandar Lampung), dikasih tau ada typical high speed ini -sy nggak tau type brp- katanya ada model Speed 5 dan speed 8. Kang deden punya penjelasan ttg itu? Apakah GC 62-8-1 itu ada 2 model? atau type yg lain? di Bandar lampung, toko mesin jahit sangat sangat sangat terbatas. sekalnya ada, penjualnya diragukan krn tdk memberikan info ttg produk scr jelas dan kalau ditanya pun jawabannya sperti tidak menjawab. Mohon pendapat nya kang. Thx sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas yg di Bandarlampung..

      Wah sayang saya tidak bisa bantu menjelaskan soal Speed 5 & Speed 8 itu Mas.
      Yang saya tau, GC 6281 itu seperti yang saya tulis di artikel soal "timbul" dan gak timbulnya. Dan kalau ada perbedaan, paling di fitur / aksesorisnya saja karena beda tahun keluaran.
      Kalo soal speed, ya main di poli dinamonya aja.

      Model GC 6281 ini paling banyak dipakai untuk jahit material baju dan celana. Orang bilang, untuk "jahit halus". Saya kurang tahu apakah cocok juga untuk bahan tas yang mungkin lebih tebal dari kain untuk baju/celana.

      Demikian penjelasan saya. Semoga membantu.

      Delete
  8. Terima kasih infonya Pak, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Terima kasih infonya Pak, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Terima kasih banyak, ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. makasih infonya , bermanfaat bgd buat saya yg lg mau beli mesin jait, saya pemula dan sama sekali blm pernah praktek mesin jait..
    oia, sya tinggal di ciputat, kira2 mas tau gak ya yg jual mesin jait daerah sini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Irna Nana, Alhamdulillah.. Tulisan ini bermanfaat untuk Anda. Tapi mohon maaf, saya tidak tau kalau yg jual mesin jahit di daerah sana. Dari Ciputat ke Cipadu kan tidak terlalu jauh kan Mbak, bisa naik angkot :) Sempatkan hari kerja atau Sabtu kalau mau lihat-lihat ke Cipadu karena kalau Minggu saya perhatikan ada bbrp toko yg tutup.

      Delete
  12. jadi yg pasti2 aja yaa, hari sabtu.. iya sii Lumayan deket ...
    kalo cocok n mau beli, di anterin apa kita yg bawa sendiri... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalo bisa bawa sendiri lebih baik. Kalau dianterin, pasti mereka perhitungkan ongkosnya juga kan... jadi nambah cost lagi.. Jadi sebaiknya nego harga sesuai bujet tapi sudah termasuk ongkos kirim ke tempat Mbak Irna.

      Delete
  13. oke... makasih banyak infonya...
    sekali lagi deh nanya,
    detail alamat cipadu nya... di deket apa n patokannya apa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya sepanjang Jl. KH Wahid Hasyim dari pertigaan Jl. Ceger Raya sampai mentok di pertigaan Giant Kreo.

      Klik link dibawah ini, saya buatkan map untuk Anda. Silahkan cek dengan street view di Google Maps.

      https://www.google.com/maps/d/edit?mid=1IlvpoxVgYnmdQNT-dX6ICHbb4l8&usp=sharing

      Tolong sharing ceritanya di sini ya kalau sudah dapat mesinnya :)

      Delete
  14. oke mas, nanti sy ahare klo udh dpt mesinnya....
    makasih ya...

    ReplyDelete
  15. wah saya jg mau nanya nih mas,, kasusnya seperti tulisan mas, penjual mesin jahitnya mengarahkan tuk beli mesin jahit merek Typical yg katanya bisa menjahit dengan berbagai ketebalan sampai karungpun bisa dijahit dan bagus kalau mau dipakai tuk usaha,, sy niatnya memang mau bikin usaha tapi sekarang mah belum tau menjahit jadi baru mau belajar,, nah dari pengalaman mas gimana yah seorang pemula kalau pakai mesin jahit typical?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, cucok kalo gitu Mbak.. Langsung saja belajar dengan mesin jahit besar. Jadi nanti kalo usaha sudah jalan, tinggal terus pakai, nggak perlu lagi ganti mesin dan adaptasi mesin baru lagi.

      Cuma ya itu, tipsnya, kalau mau buat belajar dulu, minta dipasangkan poli dinamo yg ukuran kecil dulu biar mesinnya bisa diajak selow, nggak ngebut :) Kalau sudah tamat belajarnya baru ganti poli yg besar.

      Lanjutkan, Mbak!! :))

      Delete
  16. postingnya bermanfaat pak, saya pemula, mau buka konveksi untuk produksi jilbab dan gamis. sebenernya bisa pakai yang portable (bisa untuk neci, obras, jahit, kancing, dll) namun jika produksi untuk jumlah yang besar di sarankan pakai yang untuk industri (hanya 1 fungsi) karena speed lebih besar dan jika digunakan dalam jumlah banyak dan jangka panjang tidak mudah rusak. apakah benar begitu pak?? btw thx ilmunya ya, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Pak! Mesin portable tidak di desain untuk produksi massal. Mesin industri didesain siap di-geber untuk kerja seharian.. :) Inshaa Allah lebih awet.

      Jadi sesuaikan mesin dengan peruntukan dan kebutuhan.

      Semoga sukses dengan rencana usaha konveksi Anda.

      Delete
  17. Amin...
    Semoga penyebaran ilmu yang bapak berikan menjadikan byk hal positif di kehidupan bapak.
    Mau tanya lagi nih, hehe.
    Klo mesin neci untuk bahan sifon bagusnya merk apa ya pak? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Pak, kalau yg ini saya tidak punya pengalaman. Jadi tidak bisa bantu jawab.. ;)

      Delete
  18. kalo mesin jahit high speed merek singer kualitas jahitan bagaimana ya dibandingkan dengan yang punya juki atau typical ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya belum pernah lihat hasil jahit mesin Singer high speed. Tapi kalau hasil jahit Brother, Juki, Typical bisa dibilang sama saja Mbak.. :)

      Delete
    2. Maaf saya belum pernah lihat hasil jahit mesin Singer high speed. Tapi kalau hasil jahit Brother, Juki, Typical bisa dibilang sama saja Mbak.. :)

      Delete
  19. maaf gan kalau mesin jahit high speed siruba l-100 bagaimana ya perbandingannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa saya tanya type tsb afalah karena di tempat saya adanya itu yg dijual seken siruba L-100, batangkali Anda punya info,
      makasih sebelumnya.

      Delete
    2. Setau saya, Siruba merek bagus juga gan yg biasa dipake di industri garment, ditempat saya malah belum pernah lihat ada yg jual merek Siruba, mungkin karena harganya lebih mahal.

      Delete
    3. kenapa saya tanya type tsb afalah karena di tempat saya adanya itu yg dijual seken siruba L-100, batangkali Anda punya info,
      makasih sebelumnya.

      Delete
    4. Kalo siruba di daerah kota semarang jaraaaaang ckz mahaaaal tapi penjualnya bilang sama aja padah aku cari di google beda adanya simaru. Kalo simaru mah lebih murah ketimbang typical. Kemaren survei karna mo beli deket deket ini. Typical 4.3 full set meja juga. Harga baru semua ne Kalo simaru 3.85 full set meja. Yang bekas selisih 1 juta semua. Kalo siruba inden ampe 6 jutaan harganya.
      Konvekai temen juga pake siruba yang second tapi...... susah carinya.

      Delete
  20. Kayaknya info si abang tukang jualan sedikit menyesatkan deh. Sparepart mesin portable banyak kok. Yang bisa reparasi juga banyak. Cuma kalau untuk kuat sih mesin jahit model typical itu emang kuat kayanya dibanding portabel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu ya? Mungkin hanya berlaku di daerah saya ya..? Btw, Anda di daerah mana yg banyak toko sparepart mesin portable, siapa tahu bisa jadi referensi untuk yg lain...

      Terima kasih informasinya ya..

      Delete
    2. Begitu ya? Mungkin hanya berlaku di daerah saya ya..? Btw, Anda di daerah mana yg banyak toko sparepart mesin portable, siapa tahu bisa jadi referensi untuk yg lain...

      Terima kasih informasinya ya..

      Delete
  21. Lagi nyari nyari mesin jahit portabel untuk pemula , nemu blog ini... rumah saya kalo ke CIPADU deket, tapi pengen beli yang portable

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja online research dulu, Mbak Juwita pengennya yg merek & model yg bagaimana. Nanti kalau pilihan sudah mantap, mungkin bisa titip beli ke toko-toko yg ada di Cipadu.. Atau bisa juga beli online, biasanya bisa dapat harga yg murah.

      Semoga cepat dapat mesin jahit yang diinginkan ya Mbak Juwita.. :)

      Delete
    2. Coba aja online research dulu, Mbak Juwita pengennya yg merek & model yg bagaimana. Nanti kalau pilihan sudah mantap, mungkin bisa titip beli ke toko-toko yg ada di Cipadu.. Atau bisa juga beli online, biasanya bisa dapat harga yg murah.

      Semoga cepat dapat mesin jahit yang diinginkan ya Mbak Juwita.. :)

      Delete
  22. kang, untuk mesin prtable merk yang direkomendasikan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya butuh untuk jahit bahan jeans, ada rekomendasi tipenya? trims

      Delete
    2. Nggak bisa jawab kalo yg ini mba.. Coba minta rekomendasi sama tokonya aja.. :)

      Delete
  23. mesin jahit terkini harus pakai servo motor untuk hemat listrik seperti lampu LED
    http://jacksewingmachineindo.blogspot.co.id/2014/12/mesin-jahit-jack-dengan-teknologi.html

    ReplyDelete
  24. Terimakasih mas untuk infonya. Saya biasa pakai mesin jahit rumah tangga (butterfly dg dinamo). Biasanya cuma dipakai untuk finishing pembuatan furing tas rajut, pasang furing & zipper di tas/dompet rajut. Akhir2 ini si kupu merah (mesin jahit saya) rewel. Sering2 ke tk.servis yang juga jualan mesin jahit baru dan second ditawari mesin jahit besar.

    Yang mau saya tanyakan, apakah komponen mesin jahit besar sama dengan mesin jahit kecil? Misal masihkah perlu sekoci yg biasa saya pakai, atau apakah ukuran jarumnya sama? Masih galau mau ganti ke high speed atau tdk. Karena dr penjual bilang kl mesin besar bisa jg dipakai untuk menjahit kulit sintetis. Terimakasih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf late reply.. :)

      Saya kurang tahu mbak soal sekocinya sama atau tidak, karena belum pernah ngerasain pakai yg manual.

      Yang jelas memang bisa juga dipakai buat jait kulit sintetis. Terpal aja bisa, cuma disesuaikan aja seri mesinnya yg khusus buat terpal.

      Delete
    2. Maaf bantu jawab, skoci nya beda mesin hitam dengan high speed. Sy punya mesin kecil. Sering pake mesin besar di tetangga sy.

      Delete
  25. info yg sangat bermanfaat, klo tentang timbul dan gak timbul apakah ada perbedaan dari segi kualitas dan keawetan? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sama saja.. Cuma karena beli bekas, orang lebih percaya kalau timbul itu hampir pasti barangnya genuine. :)

      Delete
  26. Mau tanya pak.. saya belum pernah menjahit sebelumnya. tapi pengeeenn banget bisa. mau beli yang second daerah cipadu juga tapi ngga tau pasaran harganya. terima kasih infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  27. Mau tanya pak.. saya belum pernah menjahit sebelumnya. tapi pengeeenn banget bisa. mau beli yang second daerah cipadu juga tapi ngga tau pasaran harganya. terima kasih infonya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya beli sekitar awal 2015 satu set 1,7 juta. Mesin bekas, tapi meja dan dinamonya dapat yg baru. Kondisi mesin masih bagus, cat asli (ada yg sdh di cat ulang sama tokonya).

      Ada juga yg lebih murah, tapi ya agak busukan dikit.. :))

      Ayo Mbak beli aja, banyak keuntungannya bisa menjahit.. Hehehe..

      Delete
  28. Ma'af pak, mau tanya..
    Saya masih pemula mau beli mesin jahit, tapi saya bingung mau beli yang portable atau yang biasa (pakai dinamo)..tolong sarannya..makasih

    ReplyDelete
  29. Ma'af pak, mau tanya..
    Saya masih pemula mau beli mesin jahit, tapi saya bingung mau beli yang portable atau yang biasa (pakai dinamo)..tolong sarannya..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Natalia yg lagi bingung..


      Coba baca-baca komen di artikel ini dari awal, pertanyaan mbak sebenarnya sudah terjawab.. :)

      Jawabannya: tergantung kebutuhan dan dana yang ada. Kalau mau beli mesin sekedar buat hobi untuk kerajinan tangan dan jahit kebutuhan pakaian keluarga dan ada dana lebih, saya lebih menyarankan utk beli mesin portable. Kalau dana terbatas dan hanya utk dipakai jahit-jahit baju saja ya mesin jahit kecil sudah cukup. Baik yg pakai dinamo atau manual.

      Semoga jawaban ini sudah menjawab kebingungan Mbak yaa.. :)

      Delete
  30. Infonya bermanfaat bgt Kak :), tp disini saya mau tamya, apakah mesin Typical type GC 6281 spt yg Kakak beli tsb jg bisa dipakai untuk menjahit bahan jeans/levis Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...
      Belum pernah nyoba, tali sepertinya bisa kok.. Dulu waktu beli, abangnya bilang bisa dipakai buat bahan denim dan kanvas yg tidak terlalu tebal.

      Kalau mau beli, kamu bawa contoh bahan jeans kamu terus suruh coba tes jahit ke penjualnya biar kamu yakin. Okey?

      Semoga tercerahkan yaa.. :)

      Delete
  31. Mas Deden,
    Ini nita adeknya Novianto, pa kbr? Masih tinggal di Ceger, deket donk ya sm aku di pondok betung.
    Aku juga baru beli mesin portable merk brother, lagi cari info tentang jarak jahitan malah nyasar kemari... Loh kok kyanya kenal sama yang punya blog hehehe :p
    Ajarin jahit donk mas, ini masih newbie bgt aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allaaahh... Nitaaa..!! Hahahah..

      Dunia maya pun ternyata sempit juga ya.. Hehehe..
      Iya, Nit.. Masih.. Gw dagang soto di Ceger.. Deket bangetlah sama Pd. Betung.. Mampir kalo lewat yak! Hehehe...

      Jahit mah gampaaaanngggg!!! Tinggal nge-gas aja.. Hahaha...

      Delete
    2. Iyaaa, dumay juga ternyata sempit hahaha... Warung sotonya tepatnya dimana kang? kk ipar jg ada yang di ceger, deket pasar yang depan Taman Mangu itu.
      In shaa Allah kalo tau tempatnya mau mampir... boleh minta no. telp doonk, kirin ke email aku ya di nitara80@gmail.com..
      See you soon yah, siapa tau silaturahmi menambah rizki hehehe...

      Delete
  32. Sangat bermanfaat ... makasih ya mas ...

    ReplyDelete
  33. Kalo mesin jahit tuh merek juki recomended, soalnya kuat dan tahan lama digeber. Kalo mau bikin kaos paling tidak harus ada dua mesin lagi yaitu mesin obras benang 4, dan mesin overdeck atau kamput. Kalo bikin kemeja cukup mesin jarum 1 sama obras benang 5 juga jadi, (ada juga yg pakai mesin make up), untuk lubang kancing dan pasang kancingnya bisa di tempat jasa pasang lubang kancing. Tapi semua tergantung skill menjahitnya kalo ga punya kemampuan jahit atau bikin baju cuma permak permak doang mungkin bisa tapi hasilnya ga serapih yg punya skill.
    Hee maklum ane terjun langsung di garment 5th tahu sedikit mesin dan jahitan.

    ReplyDelete
  34. Sedikit oase ditengah kegalauan dunia permesin jahitan bagi newbie

    ReplyDelete
  35. terima kasih, sangat membantu sekali.
    saya memang sedang mencari mesin yang sesuai budget dan kebutuhan

    ReplyDelete
  36. Ulasannya menarik, sangat membantu pemula seperti saya.
    Setelah ksana kemari penuh pertimbangan sesuai ulasan di atas. Akhirnya saya meminang Unicorn walking foot untuk menjahit kulit/kulit sintetis tebal(sesuaikan dengan kebutuhan).
    Trimakasih mas Deden Dwidana atas artikelnya yg sangat membantu ini.

    ReplyDelete
  37. Halo pak Admin,

    Numpang info, yang butuh konsultasi mengenai mesin jahit khususnya Siruba dan kelengkapan mesin lainnya, bisa menghubungi saya di sutarjo.jkt@mp-ina.com atau wa ke 0852-1221-9989, pengiriman akan kami antarkan langsung dan bantu install.

    ReplyDelete
  38. halo mas deden, makasih sharing infonya.
    kebetulan saya lg nyari info ttg typical seri ini, dan nyangkut di webnya mas deden.
    utk mesin jaitnya sendiri ada kendala nggak mas? rencana saya mau jahit tas berbahan kanvas tebal. sblmnya saya pakai portable janome indigo, tapi memang krn peruntukannya bukan jahit bahan tebal jd sering ngadat.
    bedanya seri GC628-1 dan GC628D apa ya? saya nyari di inet yg byk dijual yg seri GC628D. mungkin ada info. makasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya di dinamonya kalo pake D itu dinamo servo direct lebih hemat listrik , kecepatan bisa di atur melalui tombol, dan langsung pake lampu LED

      Delete
  39. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  40. Kepada Yth

    bapak/ibu, pimpinan

    -Depertemen Export - Import


    All Customer

    Kami dari PT.FAJARINDO TAMITA ABADI, memperkenalkan diri sebagai

    Perusahaan International Freight Forwarders & Importir Umum yang
    berdomisili di Jakarta dan kami siap membantu segala kebutuhan yang
    berhubungan dengan proses Kepabeanan, Undername Import - Export, Domestic
    maupun Transportasi barang ke seluruh wilayah Indonesia dan Internasional.

    Sebagai dasar pendukung untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan, maka
    kami telah memiliki serta melengkapi beberapa izin yang diperlukan antara
    lain:
    - Surat Registrasi Pabean ( SRP / NIK )
    - API-U : BAG I (01.01 s/d 05.11)BAG II (06.01 s/d 14.04)
    BAG III (15.01 s/d 15.22) BAG IV (16.01 s/d 24.03)
    BAG V (HS NO.2501 s/d 2716) BAG VI (HS NO.2801 s/d 3826 )
    BAG VII (HS NO.3901 s/d 4017) BAG VIII ( HS NO.4101 s/d 4304)
    BAG IX (HS NO.4401 s/d 4602)BAG X (HS NO.4701 s/d 4911)
    BAG XI (5001 s/d 6310 )BAG XII (6401 s/d 6704)
    BAG XIII(HS NO.6801 s/d 7020)BAG XIV (71.01 s/d 71.18)
    BAG XV (HS NO.7201 s/d 8311) BAG XVI(HSNO.8401 s/d 8401 s/d 8548)
    BAG XVII (HS NO.8601 s/d 8908)BAG XX (HS NO. 9401 s/d 9619)
    BAG XXI (97.01 s/d 98.03)

    - N P I K ( Mainan, Elektronic,Garmen,Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    - IT (Besi Baja,Mainan,Elektronic,Garmen,Sepatu dan Peralatan kaki lainnya
    ) - N P W P
    - SIUP, TDP & Akte Notaris
    - Kadin & Others Sub Bidang

    Adapun Products dan Services kami diantara lain :

    - AIR & SEA CARGO SERVICES
    - IMPORT AND CUSTOMS CLEARANCE SERVICE
    - INTERNATION COURIER SERVICES
    - DOOR TO DOOR SERVICES
    - DOMESTIC SERVICES
    - EXPORT SERVICES
    - CONSIGNEE / UNDERNAME SERVICE
    - ALL - IN SERVICES

    Adapun operasional perusahaan kami service customs clearance import -
    Pela buhan Tg Priok ( Jakarta )
    - Pelabuhan Tg Perak ( Surabaya )
    - Pelabuhan Tg Emas ( Semarang )
    - Pelabuhan Panjang ( Lampung )

    Mengenai proses pengeluaran Barang Import ataupun Servis lain yang
    terpilih, diperkuat dengan MOU bermaterai demi terciptanya suatu
    kepercayaan dan kekuatan Hukum bersama.
    Demikianlah Perkenalan ini kami sampaikan, Atas perhatian dan kerja
    samanya, kami ucapkan terima kasih.


    > THANKS & REGARDS,

    ( IRWAN )
    ============================================

    PT.FAJARINDO TAMITA ABADI
    Jl.dewi sartika No.148-jakarta Timur 13630
    Phone :021-8006575
    fex :021-8006575(ext:105)
    email :irwan.ptfajarindo@gmail.com
    HP/WA :0823 671 50049 / 085277667550

    ReplyDelete
  41. Terhitung sekarang, jadi Udh brp tahun mas umur mesin typical second nya ? Selama INI adakah Kendala dlm pemakaiannya? Krn sy pribadi khawatir Klo beli second, Kata org mudah rusak, terimkasih jawabannya

    ReplyDelete
  42. saya mau nanya,saya mau beli mesin jahit, tpi msih bingung mau milih antara mesin jahit janome 381 atau singer 5523, bagus ny yg mna ya? adakah saran dr teman2? mkasih 😊

    ReplyDelete
  43. saya mau nanya,saya mau beli mesin jahit, tpi msih bingung mau milih antara mesin jahit janome 381 atau singer 5523, bagus ny yg mna ya? adakah saran dr teman2? mkasih 😊

    ReplyDelete
  44. Terima kasih artikelnha sangat bermanfaat, sy sempat mandang sebelah mata merk typical. Kalau kata mas deden sebagus merk juki. Sy jadi mantap ambil typical. Sy punya mesin hitam tapi setelah merasakan mesin juki jadi jatuh cinta. Karena banyak kelebihan mesin besar dibanding mesin kecil. Mesin highspeed sepatu nya udah macam-macam, ada sepatu lipat, sepatu kerut dll. Menjahit menjadi mudah dg mesin besar.

    ReplyDelete
  45. Saya pemula dulunya pinggin yg portabel bisa di bawa kemana" tapi ragu...
    Skrg baru beli Tyipical bekas lengkap meja dan dinamo baru tebus 1850..

    ReplyDelete
  46. bang mau tanya ,toko mesin jahit bekas di daerah cipadu yg bagus yg mana bang? ini saya juga berencana mau beli mesin bang, cuman belum tau aja mesin yg bagus kek mana.khawatir ditipu bang, saya daerah ceger bang.mohon bantuannya. thanks bang

    ReplyDelete
  47. Mas, kalau mesin typicalnya ada atau ngga ada huruf timbulnya berpengaruh ke performanya gak ya?

    Makasih sebelumnya mas

    ReplyDelete
  48. What is the best casino app in 2021? - KTNV
    Betway μšΈμ‚°κ΄‘μ—­ 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ Casino App. You can have 보령 좜μž₯λ§ˆμ‚¬μ§€ all of the best casino games for 평택 좜μž₯샡 you at your fingertips. It allows you to add more casino μ‹œν₯ 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ games ν™”μ„± 좜μž₯λ§ˆμ‚¬μ§€ to your

    ReplyDelete